DAMPAK TATA LETAK FASILITAS JASA TERHADAP EMOSI POSITIF KONSUMEN DAN MINAT BELI (STUDI KASUS PADA PASAR WISATA KOTA PEKANBARU)

  • Zulia Khairani Universitas Lancang Kuning
  • Efrita Soviyanti Universitas Lancang Kuning
  • Faizah Kamilah Universitas Lancang Kuning
Keywords: Perilaku Konsumen, Tata Letak Fasilitas Pelayanan, Emosi Positif, Lonceng Minat

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis persepsi konsumen terhadap kondisi tata letak fasilitas pelayanan, emosi positif konsumen, dan minat beli pada pasar pariwisata di Kota Pekanbaru. Tata letak fasilitas pelayanan terdiri dari 6 dimensi yaitu tata ruang, tata ruang, peralatan/furniture, pencahayaan, warna, dan pesan yang disampaikan secara grafis. Dalam penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis pengaruh tata letak fasilitas pelayanan terhadap emosi positif konsumen dan minat beli. Selain itu juga menganalisis pengaruh tata letak fasilitas pelayanan terhadap niat beli dengan emosi positif konsumen sebagai variabel mediator. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 konsumen yang pernah berbelanja di Pasar Wisata dalam 3 bulan terakhir, dengan menggunakan metode incidental sampling kemudian dianalisis data yang diperoleh menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi: uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t, dan analisis koefisien determinasi (R2). Analisis kualitatif adalah interpretasi terhadap data yang diperoleh dalam penelitian dan hasil pengolahan data yang telah dilakukan dengan memberikan keterangan dan penjelasan. Hasil penelitian menemukan bahwa tata letak fasilitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, tata letak fasilitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap emosi positif konsumen, emosi positif konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap emosi positif konsumen. niat beli, dan emosi positif mampu memediasi pengaruh tata letak fasilitas pelayanan. tentang minat beli di pasar wisata konsumen di Pekanbaru

Published
2022-04-29