BUDAYA BERBELANJA ONLINE DI KALANGAN GENERASI MILENIAL DI MASA PANDEMI

  • Wirdayani Wahab STIE Mahaputra Riau
Keywords: Budaya Berbelanja Online, Efisiensi, Gaya Hidup

Abstract

Perubahan budaya berbelanja dikalangan konsumen di era digital saat ini sudah sangat dinamis, khusus di kalangan mahasiswa yang merupakan generasi milenial turut membawa dampak pada konsumsi konsumen secara menyeluruh. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhinya diantaranya adalah faktor efisiensi dalam mendapatkan barang kebutuhan dan juga faktor gaya hidup. Survey dilakukan pada mahasiswa di Kota Pekanbaru sebanyak 100 orang secara random sampling dengan kuesioner online dan data dianalisis dengan teknik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbukti faktor efisiensi dan gaya hidup berpengaruh signifikan dengan kontribusi sebesar 61,9% dan fakta menunjukkan alasan efisiensi memperoleh barang kebutuhan lebih dominan dibandingkan alasan gaya hidup dalam mengikuti trend zaman.

Published
2021-11-06