UPAYA PENINGKATAN UMKM BERBASIS INOVASI DAN KREATIVITAS DI MASA PANDEMI

  • Aulia Nursyifani Universitas Tidar
  • Yacobo P. Sijabat Universitas Tidar
Keywords: inovasi, kreativitas, sumber daya manusia

Abstract

Kondisi UMKM di masa pandemi COVID-19 cenderung menurun, sedangkan kemajuan teknologi berkembang pesat sehingga UMKM dituntut untuk mempertahankan eksistensinya di dunia usaha. Inovasi dan kreativitas merupakan topik yang cukup relevan bagi sebuah UMKM dan kegiatan usaha pada umumnya. Dalam menciptakan daya saing dalam kegiatan bisnis, diperlukan inovasi dan kreativitas untuk mendukung pertumbuhan dan perubahan ke arah yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan UMKM berbasis inovasi dan kreativitas di masa pandemi. Metodologi yang digunakan dalam artikel ini adalah mini-etnografi kualitatif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menelaah dan/atau mereview beberapa jurnal, buku, dan dokumen (baik cetak maupun elektronik) serta sumber data dan/atau informasi lain yang dianggap perlu. relevan. . Hasil dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan inovasi dan kreativitas sumber daya manusia melalui pelatihan dan pengembangan di UMKM.

Published
2021-10-28