MEMBANGUN KEPERCAYAAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT PEMERINTAH DI MASA PANDEMI COVID 19 DI PROPINSI KEPULAUAN RIAU

  • Hadiyati Universitas Lancang Kuning
Keywords: Kepercayaan Pasien, Covid 19

Abstract

Pelayanan rumah sakit milik pemerintah dimasa pandemi covid 19 ini menjadi sorotan dan perlu berupaya meningkatkan kepercayaan pasiennya aga r tidak pindah berobat ke lain tempat. Propinsi Kepulauan Riau merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga sehingga sangat berdampak terhadap persaingan perobatan tersebut. Melalui penelitian survey dengan penyebaran kuesioner kepada pasien rawat inap dan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif diperoleh hasil penelitian bahwa Kepercayaan pasien rawat inap pada RSUD di Propinsi Kepulauan Riau di masa pandemi covid 19 masuk dalam kategori cukup baik menuju baik. Dari 18 indikator diketahui indikator tertinggi terletak pada kesetiaan petugas pada visi pelayanan bagi pasien dan empati petugas pada pasien. Sedangkan  indikator terendah terletak pada keterusterangan petugas kepada pasien dan peralatan rumah sakit. Ini berarti bahwa masih belum optimalnya kepercayaan pasien karena keterusterangan petugas kepada pasien dalam menjelaskan penyakit pasien yang diderita dan bagaimana langkah yang harus dihadapi pasien atau keluarga pasien dan peralatan rumah sakit yang masih belum memadai dan terkadang rusak tidak mampu diperbaiki.

Published
2021-06-14