KINERJA PEMASARAN BERBASIS ARGO VALUE CO-CREATION (STUDI EMPIRIK PADA EKSPOTIR MEBEL DI KABUPATEN JEPARA)

  • Ali Ali Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Isyfa Fuhrotun N Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
Keywords: Argo value co-creation, Aksesibilitas Jaringan, Keunggulan Kompetitif, Kinerja Pemasaran, Orientasi Pasar

Abstract

Penelitian untuk menganalisis dan menemukan bukti empiris orientasi pasar, penciptaan nilai bersama, aksesibilitas jaringan, keunggulan kompetitif pada kinerja pemasaran. Implikasi manajerial untuk memecahkan masalah kinerja pemasaran bagi eksportir mebel di Kabupaten Jepara. Populasinya meliputi 307 eksportir furnitur di Jepara yang terdaftar di Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Berdasarkan sampel undian, diperoleh 171 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh terhadap value co-creation meter. Ko-kreasi nilai Argo memiliki pengaruh terhadap aksesibilitas jaringan dan keunggulan kompetitif. Aksesibilitas jaringan dan keunggulan kompetitif memiliki pengaruh terhadap kinerja pemasaran. Hal ini menunjukkan bahwa orientasi pasar, value co-creation, aksesibilitas jaringan, keunggulan kompetitif berperan dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Secara empiris penelitian ini mendukung teori bahwa market orientation, value co-creation, network accessability, competitive advantage memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Kontribusi teoritis telah membuktikan bahwa variabel orientasi pasar, penciptaan nilai bersama, aksesibilitas jaringan, keunggulan kompetitif mempengaruhi kinerja pemasaran dan praktik kinerja pemasaran memiliki peran dalam proses bisnis ekspor.

 

Published
2023-07-09